Test Footer

Tuesday, July 30, 2013

Terjemah Surah Al-Baqarah 38-48

38. Kami berfirman, ''Turunlah kamu semua dari surga! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati.''

39. Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka. Mereka kekal didalamnya.

40. Wahai bani |israil!| Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu. Dan penuhilah janjimu |kepada-Ku| niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu dan takutlah kepad-Ku saja.

> Israil adalah sebutan bagi nabi Ya'kub a.s. Bani Israil adalah keturunan Nabi Ya'kub a.s. Dan sekarang dikenal dengan bangsa Yahudi

> diantara janji Bani Israil kepada Allah ialah hanya menyembah Allah, tidak mengadakan tandingan bagi Allah, serta beriman kepada Nabi Muhammad saw., sebagaimana yang tersebut di dalam Taurat.

41. Dan berimanlah kamu kepada apa (Al-Qur'an) yang telah Aku turunkan yang membenarkan apa (Taurat) yang ada pada kamu dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya. Janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah dan bertakwallah hanya kepada-Ku.

42. Dan janganlah kamu campur aduk-kan kebenaran dan |kebatilan| dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya.

> Batil artinya kesalahan, kejahatan, kemungkaran, dan sebagainya.

43. Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.

44. Mengapa kamu menyuruh orang lain (mengerjakan) kebajikan , sedang kamu melupakan dirimu sendiri, padahal kamu membaca Kitab (Taurat)? Tidakkah kamu mengerti?

45. Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

46. (yaitu) mereka yang yakin bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.

47. Wahai Bani Issrail! Ingatlah nikmat-Ku yang telah Aku berikan kepadamu, dan Aku telah melebihkan kamu dari semua umat yang lain di alam ini(pada masa itu).

48. Dan takutlah kamu pada hari (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain sedikit pun. Sedangkan |syafaat| dan tebusan apa pun darinya tidak diterima dan mereka tidak akan ditolong.

> Syafaat adala pertolongan yang diberikan oleh rasul atau orang-orang tertentu untuk meringankan azab atau beban seseorang di akhirat, atas izin Allah.

0 comments:

Post a Comment