Test Footer

Thursday, August 1, 2013

Terjemah Al-Baqarah ayat 49-57

49. Dan (ingatlah) ketika Kami menyelamatka kamu dari (Fir'aun dan) |pengikut-pengikut Fir'aun|. Mereka menimpakan siksaan yang sangat berat kepadamu. Mereka menyembelih anak-anak laki-lakimu dan membiarkan hidup anak-anak perempuanmu. Dan pada yang demikian itu merupakan cobaan yang besar dari Tuhanmu.

>>> Fir'aun adalah gelar bagi raja-raja Mesir pada masa lalu. Menurut sejarah, Fir'aun pada masa Nabi Musa a.s. ialah Menephthan (1232-1224SM) anak Ramses

50. Dan (ingatlah) ketika Kami menjanjikan kepada Musa |empat puluh malam|. Kemudian, kamu (bani Israil) menjadikan (patung) anak sapi (sebagai sesembahan) setelah (kepergian)nya dan kamu (menjadi) orang yang zalim.

>>> Suatu tenggang waktu yang dijanjikan Allah untuk menerima petunjuk (Tauran): tetapi umat Nabi Musa a.s. Tidak sabar nenunggunya, sehingga mereka menyembah patung anak sapi yang dibuat oleh Samiri.

52. Kemudian ,Kami memaafkanmu setelah itu agar kamu berssyukur.

53. Dan (ingatlah), ketika Kami memberikan kepada Musa kitab dan furqan agar kamu |memperoleh petunjuk.|

>>> yang dimaksud dengan Kitab adalah Taurat. Dan yang dimaksud dengan furqan adalah keterangan-keterangan lain untuk membedakan yang baik dan yang buruk.

54. Dan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada kaumnya, ''Wahai kaumku! Kamu benar-benar telah menzalimi dirimu sendiri dengan menjadikan (patung) anak sapi (sebagai sesembahan), karena itu bertobatlah kepada Penciptamu dan |bunuhlah dirimu|. Itu lebih baik bagimu di sisi Penciptamu. Dia akan menerima tobatmu. Sugguh, Dia-lah Yang Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang.''

>>> ''membunuh dirimu'' ada yang mengartikan, orang-orang yang tidak menyembah patung anak sapi itu membunuh orang yang menyembahnya. Ada pula yang mengartikan, orang yang menyembah patung anak sapi itu salig membunuh. Ada pula yang mengartikan, mereka disuruh membunuh diri mereka masing-masing untuk bertobat.

55. Dan (ingatlah) ketika kamu berkata, ''Wahai Musa! Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum kami melihat Allah dengan jelas,'' maka halilintar menyambarmu, sedang kamu menyaksikan.

56. Kemudian, Kami membangkitkan kamu setelah kamu mati agar kamu bersyukur.

57. Dan Kami menaungi kamu dengan awan dan Kami menurunkan kepadamu |mann dan salwa|. Makanlah (makanan) yang baik-baik dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu. Mereka tidak menzalimi Kami, tetapi justru merekalah yang menzalimi diri sendiri.

>>> Mann ialah sejenis madu, salwa ialah sejenis burung puyuh.

0 comments:

Post a Comment